Rabu, 14 September 2011

Ternyata… Ada yang Positif dari Kebiasaan Setan


Weitzzzz…  jangan negative thinking dulu lah… Judul kadang emang menyesatkan, tapi sumpah mati… saya tidak ingin menyesatkan siapa pun. Suweeer….

Hayooo… siapa yang tahu apa itu setan? Pastinya bukan makanan yah… Deskripsi yang paling tepat menurut saya, setan itu adalah musuh manusia. Kenapa?

Menurut berbagai sumber yang pernah saya baca (waktu itu saya masih sering numpang baca gratis di toko buku…). Permusuhan antara manusia dengan setan adalah permusuhan abadi yang sudah mengakar. Berawal dari kesombongan setan (iblis) yang tidak mau menuruti perintah Allah untuk bersujud kepada Adam, karena merasa derajatnya lebih tinggi dari Adam (setan telah diciptakan dari api, sementara Adam diciptakan dari tanah).

Setelah Allah mengusir setan dari surga abadi karena kesombongannya, setan berjanji akan menghalang-halangi manusia dari jalan yang lurus, mengganggu dan menyesatkan manusia dari segala arah dengan degala cara.

Tapi, kalau kita bisa lihat dari sisi yang lain, sebenarnya ada beberapa kelebihan yang justru dimiliki oleh setan. Dan apabila hal itu dilakukan dalam konotasi yang POSITIF, kelebihan itu justru dapat diaplikasikan dalam kehidupan untuk melawan setan itu sendiri.

Pantang Menyerah
Setan tidak pernah menyerah, selama keinginannya menggoda dan menyesatkan manusia belum tercapai. Sementara manusia, banyak yang mudah menyerah dan berputus asa dalam mencapai tujuan hidupnya. Tidak jarang manusia yang akhirnya jadi temennya setan lantaran bunuh diri. Coba manusia bisa dan mau meniru semangat pantang menyerah yang dimiliki setan untuk melakukan hal-hal yang positif, hasilnya pasti memuaskan. Dan pastinya setan akan bingung karena punya saingan.  Hehehehe…

Selalu Berusaha
Setan akan mencari cara apapun untuk menggoda manusia. Dan agar tujuannya dapat tercapai, setan selalu kreatif dan penuh ide. Beda lagi dengan manusia, boro-boro untuk kreatif, kadang tinggal ngejalanin konep aja susah. Manusia ingin enaknya saja, banyak yang malas. Seandainya saja manusia bisa dan mau untuk lebih giat berusaha. Pastinya kehidupan mereka akan lebih baik. Bukan begitu…?

Konsisten
Setan dari mulai pertama kali diciptakan tetap konsisten pada pekerjaan dan tujuannya, tidak pernah mengeluh. Sedangkan manusia banyak yang mengeluhkan pekerjaan mereka, sementara banyak manusia lain yang masih nganggur. Banyak  manusia yang mengeluhkan tentang kehidupannya, sementara masih banyak manusia lain yang tidak bisa hidup dengan layak.

Solider 
Sesama setan tidak pernah saling mendahului, apalagi menyakiti. Bahkan mereka selalu bekerjasama untuk menggoda manusia. Lain halnya dengan manusia. Jangankan untuk bekerja sama, untuk merasakan peduli terhadap sesama saja susahnya setengah mati. Kebanyakan dari manusia lebih senang saling jegal, saling menyakiti dan bahkan saling bunuh. Gimana manusia bisa maju kalo masih punya mental seperti itu?

Jenius
Setan itu memang pintar mencari cara agar dapat menggoda manusia. Segala aspek digunakan untuk melengahkan pertahanan manusia. Sementara itu manusia banyak yang malas, dan enggan mempergunakan kreatifitasnya. IQ sih tinggi, tapi malas mempergunakan otaknya untuk berfikir. Kebanyakan dari mereka lebih memilih pasif menerima apa yang diberikan oleh orang lain.

Tanpa Pamrih
Setan bekerja 24 jam tanpa mengharapkan imbalan apapun. Karena mereka memiliki visi dan misi yang jelas. Bayangkan, mana ada manusia yang bisa seperti itu? Manusia melakukan apapun, dengan tujuan untuk mendapatkan imbalan.  Bahkan, untuk kegiatan sosial pun, tidak jarang dari mereka justru mempertebal kantong sendiri. Dan jaman sekarang, korupsi berjamaah itu kok jadi musim ya…?

7.    Suka Berteman
Setan adalah mahluk yang selalu ingin berteman. Mencari teman sebanyak-banyaknya untuk menemaninya di neraka kelak. Berbeda dengan manusia. Banyak yang dulunya teman akrab, akhirnya malah jadi musuh. Kebanyakan dari mereka lebih memilih mementingkan diri-sendiri dan egois.

Terima kasih untuk sumber bacaannya. Kebetulan sebagian dari postingan ini saya peroleh dari ddsunandarwarnet dan casioproduk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar